Bisnis Multi Peringkat Marketing, Pengertian, Rukun Kerja, Kelebihan & Kekurangannya

bisnis mlm

Namun Islam sangat menekankan kewajaran dalam memperoleh keuntungan tersebut. Ibnu Taymiyah secara khusus membahas harga yang wajar dan harga yang adil. Harga produk yang wajar artinya tidak dimark up sedemikian rupa dalam harga yang amat mahal, sebagaimana yang banyak terjadi di perusahaan bisnis MLM saat ini. MLM membuat harga yang tidak wajar itu, karena ingin diberikan kepada members, akibatnya margin keuntungan terlalu tinggi, dimana jauh di atas harga pasar. Qanun Khilafah Islamiyah Turkiy Usmani, bernama Al-Majallah al-Ahkam al-’adliyah, mengatur tentang ghabn fahisy dalam harga-harga produk dan menghukum pelaku/pedagang yg melakukannya. Mereka pun menuntut uang pendaftaran yang total mencapai ratusan juta rupiah dikembalikan. Eko Susanto, kuasa hukum korban mengatakan bisnis MLM tersebut menawarkan produk berupa aplikasi penjual pulsa telepon.

K-Link mengklaim bahwa bisnis ini bisa dimulai dengan modal awal yang kecil namun memiliki potensi keuntungan yang besar. Hal ini dapat memungkinkan karena K-Link sudah memiliki pasar sendiri dan konsumen yang loyal. Setiap anggota memiliki upline yang akan memberikan pendampingan, pelatihan, dan mendukung pendatang baru.

bisnis mlm

Ini adalah salah satu bisnis network yang fokus memasarkan produk-produk herbal dan bersyariah Islam. Selain itu, bisnis ini menjanjikan keuntungan langsung sebesar % bagi setiap produk berdasarkan harga anggota. Didirikan tahun 1993, HDI dan peluang bisnisnya menarik banyak masyarakat.

Saat ini HDI mulai berkembang dengan banyaknya stokes/depo yang tersebar di seluruh Indonesia. HDI menawarkan produk unggulan seperti perwatan tubuh, obat nutrisi, dan produk kecantikan. Untuk mengapresiasi distributor dan anggotanya, HDI memberikan cukup banyak reward. Bila Anda tertarik untuk bergabung, bisa kunjungi website resmi Harmoni Dinamik Indonesia. K-Link merupakan salah satu perusahaan direct selling yang juga cukup terkenal di Indonesia. Pusat Stockist K-link sudah hampir di setiap kota besar di Indonesia dan beberapa di luar negeri.

MLM atau Multi Level Marketing adalah salah satu bentuk marketing atau pemasaran yang saat ini sudah banyak digeluti oleh banyak orang. Di dalam negeri, perusahaan yang menerapkan bisnis MLM ini sudah banyak sekali, mulai dari nutrisi hingga kosmetik. Istilah lain yang sering digunakan untuk bisnis MLM ini adalah pemasaran piramida atau pemasaran jaringan.

Ciri khas Oriflame adalah produk dari bahan alami, mulai dari perawatan kulit hingga make up. Jika pihak member berhasil mengembangkan jaringannya, maka pihak perusahaan akan memberikan insentif dalam bentuk bonus, seperti potongan harga, dan berbagai insentif lainnya. Strategi MLM ini sangat bergantung pada pengembangan jaringannya, semakin banyak member yang bergabung, maka akan semakin besar pula bonus yang bisa didapatkan. Pada sistem MLM, pihak distributor akan mendapatkan imbalan dari perbandingan langsung atas usaha yang mereka lakukan. Sedangkan pada bisnis konvensional, mereka yang mendapat keuntungan adalah para pemilik, direktur, dan distributor. Para pihak pengecer akan turut mendapat keuntungan, namun dengan margin yang kecil.

Setiap ada transaksi masuk, para anggota dan atasnya akan mendapatkan keuntungan Rp 100. Perusahaan dengan konsep MLM online berikutnya adalah Herba Penawar Alwahida Indonesia atau yang dikenal dengan HPAI.